Peran Aktif Internet dalam Pembelajaran Siswa di Sekolah


Zaman sekarang, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Kebutuhan internet yang sangat penting sehingga peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahun yang selalu meningkat di seluruh dunia. ( http://alfandra.blogspot.com ) Apalagi internet sekarang berperan penting dalam dunia pendidikan sehingga pengguna internet juga semakin bertambah. Dengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin berkembang salah satunya yaitu blog. Dalam internet kita dapat membuat blogsite yang dapat kita jadikan sebagai media tulisan untuk share informasi di Sekolah. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di sebuah sekolahan membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru sehingga guru tersebut bisa menginformasikan seputar mata pelajaran dan tugas-tugas yang bisa diakses oleh siswa-siswa lewat internet. Dengan media blogsite tersebut maka informasi seputar pendidikan di sekolah tersebut bisa terkelola dengan baik dan siswa-siswa tidak akan ketinggalan informasi seputar sekolah pada khususnya dan informasi global pada umumnya.

Dengan adanya perkembangan akses TIK khususnya internet tersebut, bagaimana pemanfaatan TIK tersebut untuk pembelajaran di sekolah dan apakah menulis di Blogsite, Email dan Browsing Internet menunjang dalam proses belajar di Sekolah. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya adalah Presentasi. Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Software yang paling banyak digunakan untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. Selain itu juga bisa untuk Demontrasi yang biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Dan juga masih ada pemanfaatan lainnya seperti virtual experiment dan kelas virtual. Selain itu Blogsite, Email dan Browsing Internet juja berperan aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah baik itu untuk guru maupun siswa. Semua itu ada kaitannya dalam sharing informasi maupun penelurusan informasi sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar seperti dalam pembuatan tugas maupun maupun sharing informasi di sekolah. Untuk itu ketiga hal tersebut sangat menunjang dalam proses belajar di sekolah.

Jika TIK dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah maka kualitas pendidikan juga akan meningkat. Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di sekolah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka sekolah yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan Bahasa Inggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh.

0 komentar:

About this blog

About Me

Foto Saya
Roni Blog
Hai...??Quw Asih,quw nak Batang N quw sekolah di SMK N 1 Batang.Nama lengkap Quw Roni Asih?teman-teman quw biasa manggil quw asih??quw jg hobby sport.Quw asli orang Batang lho??Alamat Quw Jl.RE.Martadinata,Batang Jawa Tengah
Lihat profil lengkapku

Followers

Pukul Berapa ya....??

Translate nEh . . .

This is Calender

NGeMix Duyu DUnK

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x